Life is change. Growth is optional. Choose wisely. (Karen Kaiser Clark, b. 1938)

Sabtu, 23 Januari 2010

Taman Yang Lengkap


Kita selalu berpikir kalau taman yang bagus adalah taman yang tertata dengan bunga yang beraneka ragam. Betul tetapi kurang tepat tentu saja. Taman yang bagus adalah taman yang lengkap, dimana di dalamnya terdapat keragaman hayati. Ada tumbuhan juga hewan,

Untuk taman harus ada cacing dan harus sering didatangi kupu-kupu, kumbang, burung. Supaya mereka sering berkunjung ke taman kita harus membuat suasana taman senyaman mungkin. Ada sedikit tips agar taman yang kita miliki selalu menjadi rumah mereka, 1. Jangan sekali-kali menyemprot tanaman dengan pestisida 2. Jangan membunuh ataupun membuang ulat yang ada di taman kita 3. merawat taman dengan teratur.

Mungkin orang berpikir wow.... habislah sudah tanamanku dimakan ulat, ternyata hal tersebut tidak akan terjadi karena kupu-kupu biasanya menaruh telur-telurnya di tempat yang sudah dipilihnya (tempat favoritnya). Disalah satu tanaman itulah nantinya yang memang kurang indah dipandang karena penuh dengan ulat dan daunnya menjadi tidak utuh akibat ulah si ulat. Dengan adanya ulat nantinya di Taman kita akan banyak kupu-kupu, juga burung yang sesekali datang untuk mencari makan. Jadilah taman kita menjadi taman yang lengkap, dengan ekosistem yang terjaga. Bagaimana agar tumbuh-tubuhannya berkembang biak dengan baik? Kita dapat menggunakan pupuk organik.

Dengan menggunakan cara perawatan tersebut, kami berharap dapat mengurangi krisis kepunahan spesies. Menurut WWF (World Wildlife Fund), salah satu spesies yang terancam punah adalah beberapa spesies kupu-kupu. Dan salah satu sebabnya adalah ulah manusia yang al : penggunaan obat serangga yang tak terkendali.

Semoga anak keturunan kita masih bisa menikmati taman yang lengkap dengan keaneka ragaman hayati di dalamnya, amiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar