Life is change. Growth is optional. Choose wisely. (Karen Kaiser Clark, b. 1938)

Jumat, 22 Januari 2010

KB ...... Keluarga Besar Vs Keluarga Berencana

Seperti biasa, selepas maghrib si bungsu mulai belajar, ditengah-tengah belajar tiba-tiba ia bertanya, " Ma.... KB itu apa? Kenapa ya kok tertulis dua anak cukup! ih..... tidak adil!' sergahnya sambil uring-uringan. " Ayo, kenapa ini, kok marah-marah" tanyaku. " Abisnya, masak dua anak cukup. terus aku gimana?! aku kan anak ke lima". Oh.. itu toh masalahnya, akhirnya panjang lebar aku jelaskan.

Sebagai orang tua memang harus mulai siap dengan pertanyaan-pertanyaan kreatif anak-anak kita, apalagi jaman sudah berkembang demikian pesat. Media sudah semakin terbuka dan luas jangkauannya, baik media cetak, media elektronik dsb.

Kembali ke pertanyaan anakku tadi aku berusaha menerangkan dengan apa yang menjadi pendapatku, juga aku terangkan bahwa setiap orang mempunyai pendapat yang berlainan.

Bahwa hakekat manusia diciptakan oleh Allah SWT pasti ada maksud tertentu, salah satunya mengembangkan keturunannya yaitu dengan berkeluarga dan mempunyai keturunan (beranak). Tetapi tidak boleh berhenti hanya sampai disini (beranak/ meneruskan keturunan), yang harus ditekankan yang merupakan tanggung jawab manusia juga mendidik keturunannya agar menjadi manusia- manusia yang cerdas dan berakhlak mulia, sehingga tidak melakukan kerusakan di muka bumi dan seisinya.

Untuk negara yang laju pertumbuhan penduduknya sangat pesat dengan dengan tingkat ekonomi penduduknya yang rendah memang dianjurkan untuk mengatur angka kelahiran tersebut untuk mencegah adanya generasi mendatang yang tidak berkualitas. Tapi tetap harus memperhatikan aturan-aturan Allah SWT, karena apapun yang sudah direncanakan manusia kalau Allah SWT mempunyai rencana lain, manusia tidak akan mampu menghalanginya dan kita wajib mensyukuri apa yang menjadi kehendakNya. Karena yang baik dimata manusia belum tentu baik dimata Allah SWT, demikian sebaliknya. Yang pasti kasih sayang Allah terhadap makhluknya tak terbatas .......... Maha Mengasihi.

Bagaimana sahabatku, setuju ???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar